Tambakboyo/25/01/2013
Karang Taruna warga Ring I PT.Holcim Indonesia Tuban melakukan aksi blokir jalan aset masuk PT.Holcim Tuban. sekitar 500 demonstran yang berasal dari warga desa Sawir, Glondonggede, Merkawang,Karang asem, Mliwang dan desa Kedungrejo,melakukan tuntutan asksinya yang mana dalam tuntutanya tersebut salah satunya menolak penempatan tenaga security dari luar Ring I PT. Holcim Tuban. sempat terjadi kericuhan ketika Kapolres tuban mengertak para demonstran untuk membuka blokade jalan aset utama pintu masuk Holcim tersebut.dan akan menindak tegas koordinator aksi apabila tidak membuka akses jalan sampai dengan batas waktu yang di tentukan pukul 08:00.
A.Arif selaku koordinasi demonstran segera mengkoordidinasikan masanya untuk membuka jalan akses utama pintu masuk tersebut dengan catatan pihak PT.Holcim mau bernegoisasi dengan perwakilan karang taruna Ring I .
Setelah disepakati kesepakatan untuk bernegoisasi perwakilan dari Karang Taruna mau melakukan mediasi dengan pihak Holcim di kantor. didalam ruangan kantor Holcim yang ditemui oleh Denny MG.suasanapun tak kalah meneganggkan karena pihak Holcim merasa keberatan dengan tuntutan Karang Taruna. hingga batas waktu yang di tentukan pukul 11:00 belum ada kata sepakat dari kedua belah pihak, perwakilan dari Karang Taruna meninggalkan kantor Holcim dengan hasil hampa.
Bukan sampai disitu saja perjuangan dari Karang Taruna ini merasa tuntutanya tidak mendapatkan hasil ,setelah sholat jum'at perwakilan dari Karang Taruna kembali mendatangi kantor Holcim dan memaksa untuk menyelesaikan tuntutan mereka di hari itu juga.kembali perdebatan sengit di tawarkan  dari kedua belah pihak " Kami akan melakukan aksi yang lebih besar dari hari ini ,apabila tuntutan kami tidak di realisasikan hari ini juga" tegas Ari Megantara selaku perwakilan dari Kartar desa Kedungrejo kecamatan kerek. mendengar ancaman ini pihak Holcim pun melunak sehingga menyetujui tuntutan dari Karang Taruna warga Ring I PT.Holcim Tuban.tepat pukul 17:30 Wib.pihak Holcim dan Karang Taruna ahirnya menandatangani surat kesepakatan ber materai yang di tandatangani oleh Umu Azizah M selaku dari pihak Holcim dan semua perwakilanKarangTaruna yang hadir dalam ruangan tersebut.
Adapun surat kesepakatanya adalah sebagai berikut ;
1. Holcim memiliki komitmen kuat untuk memberikan manfaat kepada warga masyarakat disekitar lokasi parik (warga Ring I )Holci seluasluasnya.
2. Perekrutan tenaga kerja di Holcim akan memprioritaskan tenaga kerja dari warga Ring I sesuai dengan kualifikasi dan prosedur
3. Perekrutan dilakukan secara transparan dalam prosesnya dan akan melakukan koordinasi dengan seluruh unsur atau komponen masyarakat di desa,yaitu pemerintah desa,Karang Taruna, dan BPD
4. Anggota security diseleksi dari warga Ring I sesuai dengan kualifikasi dan prosedur
5. Anggota sekurity hasil rekrutmen bulan november 2012 yang dari luar warga Ring I (8 orang) di tempatkan di luar Holcim Tuban
6. Tenaga kerja dengan keahlian tertentu yang tidak didapatkan dari warga Ring I , maka akan di rekrut dari luar Ring I.
 Setelah merasa semua tuntutanya sudah di tanggapi dari pihak Holcim para perwakilan Karang Taruna pun meninggalka kantor pertemuan,namun tetap akan mengawasi jalanya perkembangan di PT. Holcim Tuban khususnya dalam perekrutan tenaga kerja.





0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

New Post

MP3 Gema Sholawat Terlaris 2018

Shobat Mega , dalam Bulan Suci Ramadhan 1439 H ini Megantara bakal menyajikan tembang - tembang Sholawat yang lagi trend dan laris saat ...

Recent Posts