Musim Panen "BANJIR"



KEREK, 29/03/2013 Kekhawatiran para petani di kecamatan Kerek khususnya di desa Kedungrejo ternyata menjadi sebuah kenyataan, setelah di guyur hujan pada  Kamis 28/03/2013 padi di sawah yang siap panen harus terendam banjir, hujan yang sangat lebat selama kurang lebih satu setengah jam mengguyur kawasan Kecamatan Kerek. terlebih curah hujan yang sangat tinggi mengguyur wilayah desa Padasan, Karanglo, Margomulyo, margorejo  dan sekitarnya yang mana aliran airnya akan bermuara di area persawahan desa Kedungrejo. yang paling memprihatinkan adalah para petani yang hari itu memaneni padinya . tak jarang banyak yang memanen padinya di atas genangan air. belum lagi kalau para petani yang panen sedangkan lahan garapanya terletak di sebrang sungai, ini akan semakin menambah beban dan memerlukan tenaga exstra untuk mengangkut hasil panenya ke sebrang sungai.
" Kalau dari pagi sih cuaca sangat bersahabat mas sekitar pukul setengah sebelas cuaca berubah dan hujan pun mengguyur dengan deras kami pun terpaksa harus memanen padi di atas genangan air " Ungkap Warji salah satu buruh  panen padi di sela- sela kesibukanya.
Banjir yang setinggi paha orang dewasa tersebut
bukan hanya melanda sawah yang berada di bibir pantai yang memang selalu menjadi langgan banjir di saat musim panen, namun semua wilayah persawahaan yang berada di dataran rendah berpontensi terkena aliran banjir, karena disaat ini para petani penggarap sawah tidak membutuhkan air lagi untuk mengairi sawahnya , dan air yang menggenang langsung di alirkan,sehingga walaupun  jauh dari sungai langganan banjir, masih berpikir was- was para petani sebelum panenanya usai.
Bukan hanya mengakibatkan banjir yang mengguyur siang hari tadi namun juga mengakibatkan padi yang siap panen juga roboh, Menurut Warji padi yang roboh akan semakin menambah beban dalam proses pemanenan. dan berat dari pada padi tersebut akan berkurang serta akan mengurangi kwalitas padi itu sendiri. sedangkan di perkirakan potensi hujan akan terus berlangsung di beberapa minggu kedepan hal ini akan semakin membuat para petani khawatir serta memanen padinya tidak sesuai dengan harapan mereka.



0 Response to "Musim Panen "BANJIR""

Post a Comment