Seiring dengan perkembangan jaman kesenian tradisional ludruk atau dagelan yang mana adalah kesenian khas jawa timur. memang tertinggal jauh dengan komedi yang saat ini menjamur di bewrgai tayangan televisi nasional.

   Namun begitu kesenian tradisional dagelan ( lawak ) pernah eksist di era tahun 80 sampai 90 an yang mana belum begitu banyanya para pengguna saluran layar kaca. salah satunya yang pernah berjaya di eranya adalah grup ludruk Kartolo Cs yang di antara para pemainya ada Kartolo sendiri,Basman, Sapari, Sokran, Blonthang, Tini (istri Kartolo), yang tergabung dalam seni krawitan sawonggaling surabaya. Masing-masing pemain punya karakter yang unik dan khas, dan punya semacam 'tata-bahasa' sendiri. Misalnya Kartolo yang menjadi paling cerdas, sehingga sering diceritakan 'ngakali' pemain lain, Basman yang punya suara besar dan omongan nyerocos, dan Sapari yang sering nakal tapi malah jadi korban. Biasanya ludruk kartolo ini juga dilengkapi oleh bintang tamu seperti Marlena, cak Sidiq dan lain-lain.

   Namun formasi emas ini tidak bertahan sampai sekarang. Yang tersisa adalah Kartolo, Tini dan Sapari. Basman, Sokran dan Blonthang sudah meninggal dunia. Sampai sekarang Kartolo dan Sapari masih sering tampil di JTV (TV-nya Jawapos) di surabaya. Meskipun sekarang jarang masuk dapur rekaman, Kartolo dan kawan-kawan masih sering mendapat panggilan naik pentas. Dalam satu bulan rata-rata lima kali naik pentas. “Ketika kondisi perekonomian normal, kami pentas bisa lebih sepuluh kali dalam satu bulan,” katanya.
 
Dalam pentas-pentas resmi, lawak ludruk ala Kartolo itu sering pentas bersama kesenian campursari, dangdut, bahkan menjadi bintang tamu pertunjukan wayang kulit.
Ia tak pernah melantunkan syair kidungan yang telah dikasetkan, agar penonton tidak bosan mendengarkan lawakannya. Ia pun selalu mencatat isi lawakan yang pernah ia sampaikan di pentas. Cara itu ia pilih untuk terus menggali isi lawakan baru.
Lingkup pentas pelaku seni ini pun tidak hanya terbatas di 38 kabupaten dan kota di Jatim. Ia juga menerima undangan naik pentas di Jakarta, Bontang, Batam, serta beberapa kota di Nusa Tenggara Barat.

   Nah untuk Anda yang ingin menikmati nostalgia bersama banyolan dari Kartolo Cs berikut kami sajikan beberapa MP3 nya yang siap anda nikmati dan terpingkal- pingkal.

   Di jajal tunyuk ya... yang di bawah ini.....!!!!



Naskah Sebagian Sumber dari : Wikipedia

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

New Post

Cara Mengunduh File di 4Shared Lewat HP

Shobat Mega - Setelah beberapa file MP3 yang saya unggah lewat media upload 4Shared ,ternyata banyak yang bertanya dan masih bnggung bagaim...

Recent Posts