Curah Hujan Tinggi Petani Resah - MEGANTARA FM TUBAN

Latest




Monday 11 March 2013

Curah Hujan Tinggi Petani Resah

 KEREK, 11/03/2013 Tingginya curah hujan beberapa hari terahir ini cukup meresahkan para petani di kawasan Kecamatan Kerek, terlebih para petani padi sawah pasalnya saat ini tanaman padi di wilayah Kecamatan Kerek sudah mulai berisi dan bahkan sudah ada yang menguning, ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sistim pembentukan isi pada padi tersebut. di khawatirkan apabila curah hujan semakin tinggi dalam beberapa hari kedepan maka akan mengakibatkan banjir,terlebih persawahan di Desa Kedungrejo Kecamatan Kerek yang mana selalu menjadi langganan banjir pada setiap musim tanam padi dan menjelang musim panen.
Menurut Kasno petani padi yang berhasil kami jumpai menuturkan "walaupun tidak banjir para petani pun juga sangat resah apabila curah hujan semakin tinggi terlebih kalau hujan di malam hari disertai dengan angin, karena padi sudah berisi dan tidak mampu menahan berat isi dan air sehingga gampang sekali roboh " kata Kasno yang mana lahan garapanya berada tepat di dekat aliran sungai yang rawan banjir.
Kondisi ini di perparah dengan pendangkalanya aliran sungai di sepanjang area persawaahan sehingga banjir sekecil apapun akan meluber ke persawahan warga. menurut Kasno walaupun di sekitar area persawahan curah hujan tidak terlalu tinggi ,namun apabila dari daerah yang lebih tinggi termasuk desa Margomulyo, Padasan, Karanglo curah hujanya tinggi maka akan mengakibatkan banjir karena semua debit air yang berasal dari wilayah tersebut akan bermuara di desa Kedungrejo.
Menurut penuturan beberapa petani beberapa tahun yang lalu berhektar- hektar sawah di Desa Kedungrejo sempat gagal panen total karena menjelang panen banjir datang melanda sehingga menengelamkan tanaman padi yang siap untuk di panen akibatnya petani merugi dan terpaksa memanen padinya yang bercampur lumpur bekas terserang banjir.

No comments:

Post a Comment